Dahsyatnya Fitnah Ad-Duhaima’

 

      Diantara fitnah yang paling dahsyat dari ketiga fitnah yang Besar terkit prakondisi menjelang kemunculan Dajjal adalah fitnah Ad-Duhaima’ .

      Diantara ketiga fitnah tersebut adalah ada fitnah Al-Ahlaas, fitnah As-Sarraa’ dan fitnah Ad-Duhaima’ . Namun pada blog ini, penulis akan memfokuskan pada permasalahan Ad-duhaima’. 

Fitnah yang hitam, gelap dan pekat maka itulah fitnah Ad-Duhaima’ . Berlangsungnya fitnah ini sebagai persiapan menjelang kemunculan Dajjal, sudah dimaklumi bahwa tiada satupun fitnah yang terjadi dimuka bumi ini kecuali merupakan prakondisi menjelang kemunculan Dajjal dan sekaligus fitnah terakhir dalam rangkaian fitnah-fitnah prakondisi ini adalah Ad-duhaima’ .

      Fitnah ini dianggap​ paling mirip dengan fitnah Dajjal karena pengaruh yang diakibatkan terhadap umat ini hampir sama dengan pengaruh fitnah Dajjal dan hampir sama pula sifat-sifatnya.

Ada beberapa sifat yang terpenting terkait fitnah ini melalui hadis-hadis Nabi SAW.

1. Fitnah yang bersifat umum

لا تدع احدا من هذه الأمة الا لَطَمَطْه لَطْمَةً

“Tidak menyisakan seorang pun dari ummat ini kecuali fitnah ini menamparnya dengan sebenar-benar tamparan”

Fitnah ini menghantam seluruh kaum muslimin, semua elemen kaum muslimin merasakan panas dari apinya atau fitnah ini menerjang buana secara total.

2. Fitnah yang senantiasa aktual dan lama berlangsungnya.

فَإذا قيل : إنقضت ، تَمادَت

“Ketika dikatakan, ‘fitnah ini sudah selesai’ maka fitnah ini terus saja terjadi berkepanjangan”.

Fitnah ini terjadi dalam rentang waktu yang lama sehingga tak dapat dibayangkan kapan berakhirnya. Dan bahkan setiap kali kedahsyatannya mereda dan sebagian manusia sudah membayangkan fitnah ini akan segera berakhir, akan tetapi justru datang fitnah yang lebih segar dan hangat.

3. Fitnah yang akurat, berpusat pada syahwat dan syubhat.

Fitnah ini hitam dan gelap dikelilingi setan manusia dan setan jin. Mereka bersarang dengan menggunakan semua tali-temali dan jerat-jerat setani pada setiap tangga eksploitasi syahwat dan penyebaran syubhat. Dan inilah fitnah yang multi dimensi pengaruhnya terhadap hati dan bahkan sangat mempengaruhi cara pandang dan reaksi terhadap fakta-fakta dibalik peristiwa.

Maka sangat tidak bisa dipungkiri bahwa sarana penyebaran fitnah ini melalui media informasi dalam tataran yang massif tujuan adalah untuk mengelabui hati dan mata manusia sehingga mereka melihat kebenaran sebagai kebathilan dan melihat kebathilan sebagai kebenaran. Inilah yang disabdakan oleh Nabi SAW.

يُصْبِحُ الرجُلُ فِيها مؤمِنا، و يُمْسِي كافرا

“Disaat fitnah itu terjadi seseorang memasuki waktu pagi sebagai orang beriman dan memasuki waktu sore sebagai orang kafir”.

4. Fitnah penyaringan dan pemisahan

Sebelum fitnah ini terjadi kita tidak bisa membedakan antara​ orang beriman dan orang yang munafik karena keadaan manusia yang berubah-ubah dari dua keadaan ini, namun setelah fitnah ini mencapai puncak tertingginya maka manusia dibagi menjadi dua kelompok. Sesuai hadis Nabi SAAT

حتي يَصِيرَ الناس الي فُسطاطَين، فُسْطَاطِ ايمَانٍ لا نِفاقَ فيه. و فُسطاطِ نِفَاقٍ لا إيمان فيه

“Sampai manusia menjadi dua kelompok, kelompok iman yang tidak ada kemunafikan padanya dan kelompok munafik yang tiada iman padanya”.

5. Fitnah yang paling dengan fitnah Dajjal, baik dalam sifat-sifatnya maupun waktunya.

Fakta ini ditunjukkan oleh sabda Nabi SAW.

فإذا كان ذاكم فانتظروا الدجال، من يومه ، او من غدِه

“Apabila seperti itu keadaan kalian maka kalian tunggulah Dajjal, pada harinya itu atau esok harinya”.
Semoga tulisan ini bermanfaat bagi para pembaca terutama pada diri pribadi penulis itu sendiri dan semoga Allah menetapkan iman kedalam dada kita semua aamiin.

#Ensiklopedi_akhir_zaman

#Dr.Muhammad_Ahmad_Al-Mubayyadh

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s