Setan-setan Membacakan di Hadapan Manusia Suatu Bacaan

Di akhir zaman nanti akan ada setan-setan yang berwujud manusia datang di kerumunan manusia dan membacakan suatu bacaan yang ia klaim bahwa bacaan tersebut adalah al-quran.

Dari Abdullah bin Amr bin Ash r.a , dia berkata:

ان في البحر شياطينَ مسجونةً او شَقَها سليمان يوشكُ انْ تخرُجَ فتقرأ علي الناس قرآنا

“sesungguhnya di tengah lautan terdapat setan-setan yang diikat oleh Sulaiman a.s . Sudah dekat masanya bagi setan-setan itu terbebas dan mereka akan membaca Alqur’an di hadapan manusia.” (H.r Muslim, Al-muqaddimah).

Hadis tersebut secara jelas memberikan satu isyarat bahwa ditengah lautan terdapat setan-setan yang diikat oleh Sulaiman as. Dan inilah perbuatannya sebagai bentuk Rahmat bagi ummat manusia.

Dan hadis tersebut menjelaskan bahwa masa kebebasan setan-setan tersebut dari belenggu sudah amat dekat dan mereka akan keluar di tengah-tengah manusia  dengan membacakan kepada mereka apa yang mereka anggap sebagai Alqur’an. Maksudnya setan-setan tersebut berbicara dengan satu perkataan yang mereka katakan sebagai al-Qur’an, tapi bukan Al-Qur’an yang sebenarnya.

Imam an-Nawawi berkata, “Jika anda membaca sesuatu yang bukan Al-Qur’an, kemudian anda mengatakan, ‘itulah Al-Qur’an.’ Tujuannya untuk menipu orang awam dengan bacaan anda tersebut, niscaya mereka tidak akan tertipu.

Dan perlu diketahui bahwa nantinya setan akan keluar di tengah-tengah manusia dengan bentuk seperti Manusia juga. Hal ini dikuatkan dengan apa yang​ pernah dikatakan oleh Ibnu Mas’ud r.a :

ان الشياطين ليتمثلُ في صورة الرجل فياْتي القوم  فيُحدِّثُهم بالحديث من الكذب فيتفرّقون فيقوالرجل منهم سمعت رجلا اعرف وجهه ولا ادري ما اسمه يحدث

“Niscaya setan akan muncul dalam wujud seorang laki-laki yang mendatangi kerumunan orang dan akan berkata bohong di depan mereka, sehingga mereka akan terpecah belah. Maka diantara sekelompok orang itu pun ada yang berkata, ‘tadi aku mendengar seorang yang berkata begini dan begitu tapi aku tak tahu siapa namanya’ .” (HR. Muslim, Al-muqaddimah.)

       Pandangan penulis dalam buku Ensiklopedia Akhir Zaman bahwa tanda hari kiamat yang satu ini belum terjadi hingga sekarang. Kalaupun sudah terjadi dibeberapa negara lain, tetapi hal ini tidak dapat disinyalir karena kemunculannya yang menjelma dalam bentuk seorang laki-laki.

Kemungkinannya pertanda ini akan muncul ketika fitnah dan prahara sudah benar-benar menguasai manusia sebagai titik akhir dari episode fitnah dan prahara sebelumnya, atau besar kemungkinan di dalam fitnah ad-duhaima’.

Kemungkinan lain juga menyatakan bahwa kemunculannya mereka ini bersamaan dengan munculnya Dajjal guna menjadi pembantunya untuk menebarkan fitnah kepada manusia.

 


#pembahasan ad-duhaima’ akan dijelaskan pada pembahasan selanjutnya.

#ensiklopedia_akhir_zaman

Iklan

Satu pemikiran pada “Setan-setan Membacakan di Hadapan Manusia Suatu Bacaan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s