Apalah saya ini kasihan

Assalamu’alaikum warahmatullaahi wabarakatuh,

     Di pagi hari setelah sholat subuh dipertengahan bulan ramadhan, saya mengajar mengaji ibu-ibu di masjid yang jumlahnya sekitar 18 sampai 20 an, karena ini adalah rutinitas setiap harinya di bulan Ramadhan untuk menghatamkan  Al-Quran 1 kali pada bulan tersebut.

      Pembelajaranpun berlangsung hingga satu jam lebih kedepannya, dan setelah dibaca 1 juz pada beberapa putaran maka sesi selanjutnya yaitu pengambilan foto dokumentasi, yang mana biasanya selaku pembimbing yang memfoto tapi kali ini pembimbing pun diminta untuk ikut berfoto.

       Sementara perapian tempat duduk untuk pengambilan foto, saya ambil jarak agak jauh dari ibu-ibu (rombongan) dan duduk ditenga, salah satu ibu berucap “jangan maki jauh-jauh ustadz, dekat-dekat maki !! Karena kami ini sudah seperti orang tau ta’ , tapi bisa ji juga kalau mauki jadi anak betulan ku, ada anakku gadis” yang sampinbnya juga berucap “saya juga ustadz ada anak gadisku dua, siapa tau mauki” dengan kalimat yang masih sama maknanya, saya agak mulai malu sama ibu-ibu. Kemudian yang ketiga berucap lagi salah satu ibu yang agak dekat rumahnya dari masjid “saya mi dulu ustadz ada juga anak gadisku dua, jangan jangan Ki lumbaika ibu-ibu”

       Disitu saya semakin malu, sementara difoto, hati saya berucap “makasih banyak ibu-ibu yang telah mengatakan itu semua walaupun mungkin ada yang bercanda ataupun serius, apalah saya ini kasihan hanyalah manusia biasa biasa saja, berasal dari keluarga yang sederhana, beda dengan ibu-ibu yang taraf hidupnya diatas standar kami”

Iklan

2 pemikiran pada “Apalah saya ini kasihan

  1. Ucapan ibu2 itu bisa jadi warning Allah, sudah waktunya ki menetapkan pilihan, karena pernikahan itu sunnah, sekaligus menggenapkan agama ta’

    Disukai oleh 1 orang

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s